Amankan Kunjungan Presiden dan Perayaan Capgome

Gelar Pasukan Operasi Liong Kapuas 2018

63
PIMPIN APEL. Walikota Singkawang, Tjhai Cui Mie saat memimpin upacara gelar pasukan Operasi Liong Kapuas 2018 di Halaman Mapolres Singkawang, Jalan Kalimantan, Selasa (13/2)—Suhendra/RK

eQuator.co.id – Singkawang-RK. Menjelang perayaan Imlek dan Capgome, Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang, TNI dan Polri melaksanakan upacara gelar pasukan Operasi Liong Kapuas 2018 di Halaman Mapolres Singkawang, Jalan Kalimantan, Selasa (13/2).

Gelar pasukan ini, juga untuk menyiapkan personel dalam peningkatan pengamanan apabila Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi) jadi datang ke Singkawang untuk menyaksikan perayaan Imlek dan Capgome tersebut.

“Pihak panitia mengundang Presiden Joko Widodo untuk melihat langsung festival Imlek dan Capgome di Kota Singkawang. Menteri Pariwisata juga diundang. Sehingga Polres bersama TNI siap melakukan peningkatan pengamanan,” ujar Walikota Singkawang, Tjhai Cui Mie usai memimpin upacara gelar pasukan.

Ia menambahkan, pelaksanaan gelar pasukan ini juga dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan, mewujudkan cinta kasih sesama manusia dan merajut kebersamaan khususnya warga Kota Singkawang.

“Pemkot Singkawang memfasilitasi apa yang sudah dilakukan panitia Imlek dan Capgome. Pantauan Pemkot sendiri, kesiapan pelaksanaan perayaan atau festival Imlek dan Capgome sudah sekitar 90 persen,” kata Tjhai Cui Mie.

Sementara itu, Kapolres Singkawang, AKBP Yury Nur Hidayat mengatakan, pihaknya menerjunkan sebanyak 834 personil untuk pengamanan perayaan Imlek dan Capgome 2018.

“Operasi Liong Kapuas 2018 ini berlangsung mulai dari 15 Februari hingga 3 Maret nanti. Kami juga siap apabila Presiden Jokowi jadi datang. Kami masih menunggu konfirmasi terkait kedatangan Presiden,” ujar Yury.

Nantinya, lanjut Yury, ia akan melakukan penebalan pengamanan yang melibatkan Polres Singkawang, Polres Sambas, Polres Mempawah, dan Bengkayang serta Brimob Polda Kalbar dan Kodam XII Tanjungpura.

“Ada enam titik pos pengamanan dalam Operasi Liong Kapuas 2018 dengan satu posko induk di Mapolres Singkawang. Intinya kami bersinergi dengan TNI untuk mengamankan Presiden,” ujar Yury.

Ketua Panitia Festival Imlek dan Capgome 2018, Tjhai Leonardi mengatakan, pihaknya sudah siap melaksanakan kegiatan dengan tampilan yang berbeda bila dibandingkan tahun sebelumnya.

“Festival Imlek dan Capgome di Kota Singkawang sebagai agenda pariwisata lokal dan luar negeri untuk datang ke sini. Semuanya sudah fix akan dilakukan seremonial opening, pada 15 Februari malam,” pungkasnya.

Laporan: Suhendra

Editor: Ocsya Ade CP