Ada Yang Curiga Pabrik E-KTP Palsu

22
HOAX

eQuator.co.id – DI MEDIA cetak dan elektronik, sudah banyak berita tentang kasus tercecernya e-KTP di Bogor. Eh, kabar-kabar hoax yang bertujuan menghasut masih saja bertebaran. Termasuk soal terungkapnya pabrik e-KTP palsu di Bogor.

’’TERUNGKAP PABRIK E-KTP PALSU DI BOGOR INI YG AKAN DIPERSIAPKAN BAGI RIBUAN CHINA ILEGAL YG MASUK KE INDONESIA AGAR DAPAT MENJADI PESERTA PEMILIH DI PILPRES 2019. KECURANGAN YG DILAKUKAN MUSUH PAK PRABOWO DIUNGKAP OLEH ALLAH SWT.’’

Begitu status yang ditulis akun Facebook Ahmad Rumaidi. Status-status yang serupa juga banyak di-share pengguna Facebook yang lain. Unggahan status itu disertai foto kolase tentang e-KTP. Ada berkardus-kardus e-KTP yang ditempatkan di sejumlah ruangan.

Sebagaimana diberitakan banyak media beberapa hari ini, berkardus-kardus e-KTP itu tidak berada di pabrik e-KTP. Tapi di gudang pusat milik Kementerian Dalam Negeri. Di sana bukan hanya e-KTP yang disimpan, melainkan juga benda-benda lain seperti furnitur serta peralatan elektronik yang tidak terpakai.

Tumpukan e-KTP itu merupakan kartu identitas invalid. Ada pula yang cacat produksi. E-KTP invalid dan rusak itu kebanyakan cetakan 2012–2013. E-KTP keluaran 2010–2014 memang masih dicetak terpusat di Jakarta. (Jawa Pos/JPG)