9 Tahun Tak Difungsikan, Puskesmas Sekura Laksana Rumah Hantu

3168
TAK DIFUNGSIKAN. Puskesmas Sekura di Dusun Penagaman, Desa Sekura, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas yang tidak terawat, karena tidak difungsikan, Selasa (3/1). Sairi-RK

eQuator.co.id – Sambas-RK. Mubazir. Sejak dibangun 2007 hingga kini, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sekura tidak pernah difungsikan. Alhasil, fasilitas kesehatan di Dusun Penagaman, Desa Sekura, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas tersebut seperti rumah hantu.

“Kalau gedung itu difungsikan, tentu akan ada peningkatan di segi pelayanan kesehatan,” kata Imran, Ketua Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat (Imtek) Kabupaten Sambas, kepada Rakyat Kalbar, Selasa (3/1).

Imran sangat berharap Puskesmas Sekura tersebut segera difungsikan, karena menyangkut pelayanan kesehatan di Kecamatan Teluk Keramat. “Kami berharap Pemkab Sambas segera memperjelas kewenangan aset bangunan itu. Sayang sekali, jika bangunan yang sudah berdiri tetapi tidak digunakan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sambas, dr I Ketut Sukarja mengungkapkan, Puskesmas yang sudah ditumbuhi rumput liar tersebut sempat difungsikan, tetapi untuk pelayanan administrasi. “Namun setelah itu tidak lagi difungsikan,” katanya.

Sukarja tidak mengetahui pasti, alasan tidak difungsikan Puskesmas Sekura sebagai mestinya itu. Lantaran saat ini dia belum menjabat sebagai Kepala Dinkes Sambas.

Ke depan, janji Sukarja, akan dilakukan pengkajian terlebih dahulu atau studi kelayakan terhadap Puskesmas tersebut. “Jika layak, akan dicoba untuk fungsikan sebagai fasilitas pelayanan kesehatan,” katanya.

Studi kelayakan Puskesmas Sekura akan dilakukan terlebih dahulu, jelas Sukarja, lantaran pada 2017 ini akan dibangun Puskesmas di Pasar Sekura, Kecamatan Teluk Keramat. “Pusat telah menyetujui pendanaannya, tahun ini pelaksanaan pembangunannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc mengaku sudah mengetahui keberadaan Puskesmas Sekura yang terbengkalai tersebut. “Di era kepemimpinan saya ini, akan segera saya tuntas masalah Puskesmas Sekura tersebut,” katanya.

Atbah mengatakan, akan berkonsultasi dengan pihak terkait, apakah Puskesmas Sekura itu masih layak untuk difungsikan atau memerlukan rehabilitasi gedung. “Secepatnya akan kita urus,” ucapnya.

Dia mengaku tidak mengetahui sumber dana pembangunan Puskesmas Sekura tersebut. Lantaran pelaksanannya jauh sebelum periode kepemimpinannya. “Jika ini menyangkut masalah hukum, saya harapkan segera diselesaikan, karena ini menyangkut nama baik dan citra Kabupaten Sambas,” tegas Atbah.

 

Laporan: Sairi

Editor: Mordiadi