5 Desa di Sambas Jadi Sasaran Program SPD

27
SERTIFIKAT. Kepala BPMPD Sambas, Yusran menyerahkan sertifikat kepada peserta Sekolah Perempuan Desa, di Aula Pendopo Bupati Sambas, Jumat (23/12). Sairi-RK

eQuator.co.id – Sambas-RK. Lembaga Gemawan menetapkan lima desa di Kabupaten Sambas sebagai sasaran Sekolah Perempuan Desa (SPD), program untuk meningkatkan keberanian perempuan mengemukakan pendapatnya di muka umum.

“Harapannya, kaum perempuan ini bisa dilibatkan dalam pembangunan desa,” kata Laili Khairnur, Direktur Gemawan, usai Diskusi Publik dan  Penyerahan Sertifikat kepada peserta Sekolah Perempuan Desa, di Aula Pendopo Bupati Sambas, Jumat (23/12).

Sasaran program SPD di Kabupaten Sambas tersebut terdiri atas perempuan-perempuan dari Desa Penakalan, Sekuduk dan Sulung, di Kecamatan Sejangkung. Kemudian Desa Lumbung dan Sebayan, di Kecamatan Sambas.

Laili menjelaskan, SPD ini telah berlangsung empat bulan. Pesertanya terdiri atas 40 ibuibu dan remaja dari lima desa sasaran tersebut. “Peserta SPD ini mendapatkan materi dari Gemawan dua kali dalam sepekan, di Balai Desa masing-masing,” ungkapnya.

Sebagai bukti telah menyelesaikan SPD, perempuan-perempuan tersebut mendapatkan sertifikat. “Perempuan-perempuan desa yang telah mampu menyampaikan pendapatnya di muka umum, memberikan masukan atau ide-ide pembangunan ini, diharap dapat mendukung pembangunan desa,” papar Laili.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Pemberdayaan Masayarakat Perempuan Daerah (BPMBD) Kabupaten Sambas, H Yusran MSi menghimbau seluruh Kepala Desa (Kades) tidak mengabaikan perempuan dalam pelaksanaan pembangunan di desanya. “Melalui SPD ini saya meyakini perempuan akan memiliki ide yang cemerlang dalam upaya mendorong pembangunan di desa masing-masing,” katanya.

 

Laporan: Sairi

Editor: Mordiadi

Facebook Comments