4.573 Guru Sintang Ikuti UKG

180
ilustrasi. net

eQuator – Sintang-RK. Selama sepuluh hari berturut-turut sejak Jumat (20/11), 4.573 guru se-Kabupaten Sintang mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) di Aula SMK Negeri 1 Sintang.

“Satu hari dibagi menjadi tiga set, satu set kita beri waktu 2,5 jam,” kata Afen, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Afen menjelaskan, UKG ini diwajibkan bagi seluruh guru di Kabupaten Sintang, mulai dari TK hingga SMA/SMK. “Semua sekolah di Sintang sudah menerima undangan untuk mengikuti UKG dan juga sudah ada jadwalnya. Guru honorer juga wajib ikut,” terangnya.

Berkaca pada 2012 lalu, kata Afen, hasil UKG rata-rata 4,5. Sementara nilai standar nasional yang harus dicapai adalah 8. “Tahun ini target kita melampau nilai rata-rata sebelumnya. Guru yang mendapat nilai di bawah standar, wajib mengikuti pelatihan,” katanya.

Afen berharap dengan adanya UKG, kualitas pendidikan di Kabupaten Sintang meningkat dari sebelumnya. “Dengan UKG ini, guru-guru bisa lebih memperdalam ilmunya untuk kegiatan belajar mengajar,” ujarnya.

Selain itu, tambah dia, kemampuan guru-guru dalam mentransfer ilmu kepada anak didiknya juga menjadi terukur. “Sehingga diharapkan kualitas pendidikan bisa meningkat,” tutup Afen. (Adx)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here