2025 Ketapang Jadi Provinsi

Kunker Bupati ke Natai Panjang

102
Pj Bupati Kartius menyerahkan bantuan untuk Gereja Natai panjang. istimewa

eQuator – Ketapang-RK. Penjabat Bupati Ketapang Kartius SH MH didampingi Ketua Tim penggerak PKK Ny Yuliana Kartius A.Md melakukan kunjungan kerja kedesa Natai Panjang Kecamatan tumbang Titi, Minggu (08/11). Dalam kunjungan tersebut Pj Bupati beserta SKPD melakukan misa di gereja Natai Panjang bersama Pastor paroki dan umat Kristen di Kecamatan tumbang Titi.
Dalam ceramahnya kepada umat yang hadir, Kartius mengharapkan generasi muda dayak selalu tampil energik dan optimis dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan persaingan dan kemajuan. “Anak-anak ku semua harus menjaga kesehatan dan mempunyai cita-cita
dimasa depan,” kata Kartius.
Dia mencontohkan Proklamator Soekarno yang memiliki cita-cita setinggi bintang dilangit, dan Soekarno  telah berhasil mengapainya yaitu menjadi Presiden karena jabatan Presiden adalah jabatan tertinggi didunia.
“Anak sedari kecil sudah ada cita-cita karena cita-cita sebagai pedoman atau haluan anak untuk mencapai tujuan hidup ini,” ungkap Kartius.
Dipaparkan Kartius bahwa Ia sedari kecil bercita-cita ingin menjadi guru, tetapi perjalanan hidupnya merobah arah hingga menjadi PNS dan menduduki beberapa jabatan hingga menjadi penjabat Bupati Ketapang.
“Saya dulu mau jadi Guru, selesai SMP saya ke Pontianak hendak masuk SPG, tetapi terlambat dan sudah tutup hingga SMA  dan kuliah di fakultas hukum,” katanya.
Selain itu Kartius berpesan kepada anak-anak di Kecamatan Tumbang Titi selalu menghormati orang tua, para guru dan Pastor agar hidup mendapat berkah dan berhasil mencapai cita-cita yang diinginkan. “Ketapang ini tahun 2025 telah dicanangkan Gubernur Cornelis menjadi
Provinsi sendiri,” jelasnya.
Untuk itu para generasi muda yang ada di kecamatan Tumbang Titi harus menyiapkan diri untuk menjadi tuan di negeri sendiri bukan sebaliknya menjadi kuli di tanah sendiri.
Kepada orang tua Kartius berpesan agar menjaga anak-anaknya dari pengaruh narkoba, judi dan seks bebas yang sering terjadi di kalangan remaja masa kini. “Orangtua mengawasi anaknya yang masih SMP jangan di belikan motor malah kebut-kebutan dijalan hp digunakan nongkrong dijembatan tiap malam,” kata Kartius.
Hal tersebut menurutnya sangat berpengaruh negatif terhadap perkembangan anak diusia sekolah dan mengganggu waktu belajar hingga akhirnya terpengaruh pada pergaulan bebas dan terlibat narkoba. “Narkoba itu pelan tapi pasti mengegerogoti kesehatan dan merusak otak,” kata Kartius mengingatkan.
Terkait Pilkada penjabat Bupati Ketapang Kartius menekankan untuk menjaga suasana aman dan damai, hingga proses demokrai yang berlangsung lima tahun sekali tersebut berjalan lancar.
“Menghadapi Pilkada jangan berkelahi pilih sesuai hati nurani, pilih yang mengerti akan kebutuhan masyarakatnya,” ujar Kartius.
Usai melakukan misa dan memberikan ceramah kepada umat Kartius menyerahkan bantuan kepada Pastor, dan Ia berjanji akan memberikan bantuan kepada Gereja Natai panjang Kecamatan Tumbang Titi melalui APBD sebesar Rp. 50 juta demikian juga gereja dan rumah ibadah lainnya. (Jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here