2016 Jenis Kembang Api Hiasi Langit Pahauman

365
kondisi penyambutan pergantian malam tahun baru di kecamatan Sengah Temila. Antonius

eQuator – Pahauman-RK. Kamuda 137 Pahauman kecamatan Sengah Temila, menyambut malam pergantian tahun baru 2016, dengan pesta kembang api. “Sesuai dengan penyambutan tahun baru 2016, pemuda meledakan kembang api dengan 2016 jenis kembang api,” kata Vinsensius, Pengurus ‘Kamuda 137 Pahauman’, Kamis (31/12) malam.

Kembang api sebanyak 2016 jenis ini diledakan pada penyambutan pergantian tahun di tiga tempat, di Kebadu, pasar Pahauman, dan pasar Lintang Pahauman. Dikatakannya, pesta kembang api ini sudah rutin diadakan ‘Kamuda 137 Pahauman’ setiap tahun.
“Acara ini merupakan syukuran kita, bahwa setiap tahun kita sudah diberi rejeki. Jadi, kita bersyukur sesama teman dan masyarakat desa Pahauman. Ini juga hiburan untuk masyarakat,” kata Vinsen.
Sebelum tepat pergantian tahun pada pukul 00:00, hiburan berupa musik tak henti-hentinya memanjakan masyarakat. Suasana bertambah semarak lantaran disiapkan juga makan. “Begitu sudah memasuki pergantian tahun, baru di ledakan kembang api utama. Tapi sebelumnya juga sudah di mulai ledakan kembang api yang kecil-kecil sebagai tanda persiapan penyambutan tahun baru,” jelasnya.
Ia mengakui, dengan penyambutan tahun baru ini, bisa melihat semangat masyarakat. Ribuan masyarakat berkumpul dan melihat pesta kembang api yang mededak di udara. Dengan bermacam jenis, yang mana masyarakat juga ikut senang dalam acara ini.
“Pesta kembang api ini hanya setahun sekali untuk masyarakat. Dan masyarakat juga tertib aman dan lancar mengikutinya, masing-masing menjaga dirinya untuk keamanan,” terang kepala dinas pertanian Landak ini.
Pantauan koran ini, dimulai dari kota Ngabang, Sidas, Pahauman, Senakin, Sebadu, Mandor dan Ngarak, disepanjang ruas jalan raya ini hampir semua mengadakan pesta penyambutan malam tahun baru.

Bahkan di desa Tonang hingga pukul 00:01 pun masih ada stand musik dengan kelompok pemuda yang masih bersukaria joget sambil menyanyi. (ius)