2016, 149 PNS Kubu Raya Pensiun

221
Kusyadi

eQuator.co.id – Sungai Raya-RK. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kusyadi mengungkapkan, 2016, sebanyak 149 PNS akan menjalani masa pensiun. Hal itu tentu berpengaruh terhadap kinerja dari instansi terutama pendidikan.

“Kebanyakan yang akan pensiun tahun ini bagian pendidikan,” ujar Kepala BKD Kubu Raya, Kusyadi, di ruang kerjanya, Rabu (10/2).

Meskipun hal tersebut merupakan hal yang biasa, namun pihaknya harus berupaya membuat yang terbaik dalam melakukan pengabdian. “Kita harus berlakukan mutasi. Misalnya muridnya sedikit dan gurunya banyak. Itu harus dimutasi ke sekolah untuk mengisi kekurangan,” tegasnya.

Kusyadi berpendapat, berdasarkan teori Kubu Raya masih kekurangan lebih 1000 orang PNS. Tetapi pihaknya melihat di setiap SKPD masih ada tenaga kontrak sehingga kekurangannya tidak terlalu banyak. “Paling kalau kita lihat dari jumlah tenaga kontrak yang ada, diperkirakan kurang lebih 500 orang PNS,” bebernya.

Kusyadi menegaskan, pihaknya hingga saat ini tidak terlalu menekankan dengan kekurangan pegawai. Namun, Pemkab Kubu Raya lebih menekankan terhadap kualitas PNS. “Contohnya di BKD hanya ada 30 orang pegawai, tapi masih bisa. Artinya tidak ada satupun pegawai saya ini tak sempat makan, bujurkan badan saking sibuknya. Itu masih bisa dilakukan. Yang pembagian tugasnya rata, pengendalian tugasnya benar,” lugasnya.

Namun apabila dilihat dari jumlah, Kusyadi menambahkan, tetap efisiensi dan efektifitasnya masih berjalan. “Jadi tidak terlalu dipersoalkan dengan kekurangan tenaga sehingga menjadi lemahnya pelayanan. Itu tidak bisa. Karena hal ini sudah sering dilakukan dan memang harus dioptimalisasikan,” serunya. (sul)