120 Polisi Amankan 28 Gereja

70
Penjabat Bupati Sekadau, Drs Moses Hermanus Munsin MH memberikan arahan saat menghadiri Rakor Operasi Lilin Pengamanan Natal 2015 dan tahun baru 2016 di Mapolres Sekadau, kemarin... (Istimewa)

eQuator – Sekadau-RK. Polres Sekadau tak mau kecolongan dalam mengamankan perayaan natal dan tahun baru di Sekadau. Polisi memastikan akan memberikan pengamanan semaksimal mungkin.

Upaya pengamanan itu sudah terlihat sejak Selasa (22/12), kemarin. Polres Sekadau menggelar Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Operasi Lilin 2015 Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016 di aula Mapolres Sekadau.

“Untuk pengamanan, kita akan kerahkan 2/3 kekuatan,” ujar AKBP Muslikhun SIK, Kapolres Sekadau kepada Rakyat Kalbar, Selasa (22/12).

Jika dikalkulasikan dengan jumlah personil Polres Sekadau yang mencapai 180 personil, berarti ada sekitar 120 personil polisi yang akan dilibatkan dalam pengamanan natal. Itu belum termasuk dengan personil Pol PP, TNI, maupun tim pengamanan lainnya yang juga akan dilibatkan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, seperti dari Dinas Perhubungan.

Tak hanya kesiapan personil, Polres Sekadau juga melakukan kesiapan pengamanan Natal dengan memetakan titik-titik rawan. Tahun ini, polisi juga sudah menetapkan empat sasaran operasi lilin. Keempat sasaran dimaksud adalah orang, benda, tempat dan kegiatan.

“Untuk tempat, sedikitnya ada 28 gereja, baik katolik maupun protestan yang akan kita amankan. Kita akan tempatkan personil khusus untuk melakukan penjagaan. Jumlah personil yang diturunkan disesuikan dengan kondisi lapangan,” papar Muslikhun.

Penjabat Bupati Sekadau, Drs Moses Hermanus Munsin MH mengajak seluruh instansi pemerintah dan masyarakat untuk mengantisipasi segala kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi. “Masyarakat juga diharapkan agar tidak melakukan pesta pora yang berlebihan,” imbau Munsin.

Operasi Lilin 2015 rencananya akan dilakukan dalam dua pekan. Operasi akan dimulai tanggal 23 Desember 2015 yang ditandai dengan gelar pasukan, dan berakhir tanggal 4 Januari 2015.

 

Reporter: Abdu Syukri

Editor: Kiram Akbar

Data Pengamanan Operasi Lilin 2015 Polres Sekadau

Lama operasi 23 Desember 2015 – 04 Januari 2015

Kekuatan Personil 120 Pasukan (2/3 kekuatan)

Sasaran Opersi :

Orang (Warga yang menjalankan ibadah/warga asing)

Benda (Sajam, Senpi, dll)

Tempat (Lokasi peribadatan dan pusat keramaian)

Kegiatan (Acara peribadatan, perayaan, dll)

Data : Abdu Syukri, ST                                  Sumber : Polres Sekadau